Tanggal

Contoh Perusahaan yang memakai salah satu penerapan Information Technology Service Management (ITSM)

Contoh Perusahaan yang memakai salah satu ITSM yaitu Garuda Indonesia


Garuda Indonesia merupakan salah satu contoh perusahaan penerbangan dimana Teknologi Informasi dan Internet yang digunakan untuk meningkatkan daya saingnya dan keamanan dalam penerbangan, yang artinya juga meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan unutk menciptakan loyalitas pelanggan terhadap maskapai penerbangan ini. hal ini tidak bisa dipungkiri, karena aplikasi yang diterapkannya, salah satu nya yaitu ERP (Enterprise Resource Planning), yang mampu meningkatkan kinerja dan daya saing nya dibandingkan dengan maskapai lain.
Garuda Indonesia bahkan telah menerapkan aplikasi proses pengadaan online berbasis elektronik (e-Procurement), dan IT Service Management. Selain itu Garuda juga melakukan lelang real-time online (e-Auction) yang di akhir tahun 2006 dan mendapatkan mendapatkan penghargaan “E-Procurement & E-Auction Award” kategori ‘application of B2B’ dari Kementrian Negara BUMN.
Penerapan Teknologi Informasi, tentu tidak hanya tergantung karena perangkat dan sistem yang telah diterapkan, melainkan bagaimana mengelolanya sehingga sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Salah satunya adalah apa yang disebut dengan IT Service Management (ITSM). ITSM akan membantu perusahaan dalam mencapai tiga tujuan, yaitu
  • kemampuan mencapai kepuasan pelanggan
  • melebihi harapan pelanggan
  • dan menangani persepsi pelanggan
Begitu pula halnya dengan Garuda Indonesia yang menerapkan ITSM.

ITSM dapat dianalogikan dengan berlangganan jasa layanan telepon jarak jauh (SLJJ) Itu menyangkut bagaimana memiliki cara untuk memberikan layanan TI yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan, yang akan digunakan untuk melayani pelanggan mereka secara baik.
Meski ada banyak peranti yang dapat digunakan untuk mendukung penerapan ITSM, namun kalangan ahli dan praktisi TI lebih menyarankan untuk memperhatikan bagaimana membangun suatu proses yang tepat.
Prosesnya sendiri harus dilihat dalam tiga aspek penting, yaitu strategis, taktis dan operasional.

  • proses strategis menyangkut pembuatan kebijakan dan prosedur, dan membentuk pengontrol arsitektur dan komite yang membantu perusahaan meraih tujuan jangka panjangnya.
  • proses taktis adalah yang terkait dengan hantaran layanan sebenarnya (actual service delivery), termasuk service level management (SLA), yang menjadi salah satu kunci suatu ITSM yang baik. SLA menginginkan bahwa TI memahami kebutuhan bisnis dan menyesuaikan tingkat layanan TI-nya dengan kebutuhan tersebut dan menggunakan ukuran-ukuran tertentu, termasuk ketersediaan, kapasitas dan biaya.
  • proses operasional mencakup fungsi pendukung yang dilakukan setiap harinya, seperti penanganan masalah sesaat (incident), penanganan masalah dan perubahan yang dilakukan. Penanganan sesaat, antara lain koordinasi perbaikan pelayanan setelah terjadi suatu masalah. Sedang penanganan masalah adalah mencari akar penyebab masalah dan sekaligus memperbaikinya.
Perusahaan dapat saja membangun infrastruktur untuk ketersediaan tingkat tinggi, tetapi hal itu akan lebih mahal dari apa yang dibutuhkan bisnis. Service level management juga menyediakan panduan untuk penanganan kapasitas sehingga perusahaan harus memastikan jumlah, waktu dan biaya yang ada di tempat secara tepat.

Kesimpulan

Perusahaan Garuda Indonesia yang menjalani bidang nya dalam penerbangan, mereka meningkatkan layanan dan kenyamanan pada konsumen dengan cara membuat E-ticket secara online dan membuat pelelangan kargo berbasis aplikasi yang bisa diakses konsumen seperti E-Procurement dan e-Auction, dan garuda tentu menerapkan ITSM yang digunakan untuk tercapainya kenyamanan, kepuasan, loyalitas, dan melebihi ekspektasi konsumen, dan garuda menggunakan penerapan ITSM untuk menangani saran dan harapan pada konsumen untuk membuat Garuda Indonesia lebih baik dimasa depannya sehingga konsumen dapat percaya garuda indonesia adalah maskapai yang dapat di percaya dalam penerbangan.
tidak hanya Garuda Indonesia, perusahaan-perusahaan lain juga menerapkan ITSM dan ITIL untuk menarik rasa kepercayaan karena di era sekarang ini kepercayaan konsumen adalah poin penting pada suatu perusahaan dan kenyamanan kepada konsumen, hal ini membuat perusahaan-perusahaan itu sendiri memiliki daya saing, dan rasa tanggung jawab yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain yang bidang sama

Daftar Pustaka


Daftar Pustaka yang Diperoleh Sumber
Referensi
Sumber


Komentar

Postingan Populer